Kamis, 05 Juli 2012

Pendekatan SAVI dalam Pembelajaran

PENDEKATAN SAVI DALAM PEMBELAJARAN
Istilah SAVI merupakan singkatan dari Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual. Keempat istilah tersebut memiliki makna tersendiri dalam kaitannya dengan belajar. Makna dari keempat istilah tersebut sebagaimana diungkapkan Meier yaitu : a) Somatic : belajar dengan bergerak dan berbuat b) Auditory : belajar dengan berbicara dan mendengar c) Visual : belajar dengan mengamati dan menggambarkan d) Intellectual : belajar dengan memecahkan masalah dan merenung. Pendekatan SAVI mengintegrasikan keempat unsur tersebut sedemikian rupa sehingga siswa dan guru dapat secara bersama-sama menghidupkan suasana kelas. Pendekatan SAVI merupakan bagian dari Accelerated Learning atau pembelajaran yang dipercepat. Konsep dasar dari pembelajaran ini adalah pembelajaran berlangsung secara cepat dan menyenangkan dan memuaskan. Pemilik konsep dasar ini adalah Dave Meier. Menurut Meier, “pembelajaran dengan Pendekatan SAVI adalah pembelajaran yang menggabungkan gerakan fisik dengan aktivitas intellectual dan penggu-naan semua indera yang dapat berpengaruh besar terhadap pembelajaran”.18 Pendekatan SAVI ini berpengaruh besar dalam pembelajaran karena pendeka-tan SAVI mengintegrasikan keempat unsur yaitu somatic, auditory, visual dan intellectual dalam satu peristiwa pembelajaran. Selain dengan mengintegrasi-
Kan kempat unsur tersebut, pendekatan SAVI juga dapat mengatasi cara dan gaya belajar siswa yang beragam dalam suatu kelas. Hal ini bertujuan agar siswa dapat bersama-sama menyerap pengeta-huan atau materi yang disampaikan oleh guru. Di samping itu, pendekatan SAVI juga menekankan pada unsur intellectual yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Dalam penelitian ini, peneliti mengartikan Pendekatan SAVI merupakan pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh Dave Meier yang didasarkan bahwa manusia memiliki empat dimensi yaitu : somatic, auditory, visual dan Intellectual dan menekankan adanya penggabungan gerakan fisik dan aktivitas intellectual serta penggunaan semua indra yang dapat berpengaruh besar dalam pembelajaran Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2252580-pengertian-pendekatan-savi/#ixzz1znjpXzRO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar